Minggu, 24 Februari 2019

Penegertiaan Start (“Aba-aba”) dalam Olahraga


Start (“Aba-aba”). Secara umum, Anda memulai lari jarang pendek dengan berjongkok di belakang garis dengan jari-jari tangan menempel di tanah dan satu kaki diposisikan di belakang kaki yang lain. Ada tiga jenis posisi start jongkok: start pendek (bullet/bunch start), start menengah (medium start), dan start panjang (elongated start).

Merupakan suatu perbuatan seseorang yang ditujukan kepada orang lain supaya melakukan apa yang dikehendakinya Start (“Aba-aba”) bisa berbentuk suatu tanda atau perintah.Dalam pertandingan lari misalnya, terdapat aba-aba yang disepakati bersama untuk memulai agar semua peserta lari mulai untuk bergerak bersama.

Pertama adalah bersedia, saat aba-aba ini para peserta lari mempersiapkan diri di belakang garis start. Kemudian siap, di sini peserta memusatkan seluruh perhatiannya untuk bersiap berlari. Setelah itu yang terakhir adalah ya, peserta memulai lari dalam waktu yang sama sesaat setelah aba-aba terakhir ini dibunyikan. 

Penanda terakhir dapat menggunakan sarana pistol.Maka ketika para pelari mendegar letusan pistol mereka mulai berlari.Setelah pistol berbunyi peserta akan meninggalkan garis awal secepat mungkin sampai menyentuh garis akhir.

Start (“Aba-aba”) juga sering dijumpai dalam baris berbaris. Dalam baris berbaris aba-aba meliputi aba-aba gerak badan, seperti siap, maju, jalan, berhenti.Aba-aba ini membuat gerakan orang banyak dapat dilakukan secara bersamaanJenis start yang dipilih bergantung pada seberapa jauh Anda ingin menjarakkan kedua kaki saat memulai lari jarak pendek.

Cara terbaik untuk menentukan posisi start mana yang terbaik adalah dengan mencoba masing-masing start beberapa kali. Apa pun posisi kaki Anda, kedua lengan harus terpisah selebar bahu.

Dalam start pendek, ujung jari kaki belakang nyaris sejajar dengan tumit kaki depan. Kedua kaki akan berada sangat dekat, sehingga Anda terlihat seperti menyatu (bunch) – dari sanalah nama bunch start berasal.
Dalam start menengah, lutut kaki belakang sejajar dengan tumit kaki depan, membuat kedua kaki lebih berjarak.
Dalam start panjang, kaki belakang berada jauh di belakang tumit kaki depan.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending