Jumat, 01 Maret 2019

Menangani HIV/AIDS


Apabila Anda tahu bahwa Anda mengidap AIDS atau HIV, sangat penting untuk segera memberi tahu dokter Anda dan memulai perawatan (jika bukan dokter itu yang memberi diagnosis). 

Semakin cepat Anda mendapatkan perawatan, perasaan Anda akan semakin baik, dan tubuh Anda akan semakin kuat dan tidak terlalu rentan pada penyakit tersebut. Setelah memberi tahu dokter Anda, Anda harus menemui spesialis HIV/AIDS. Jika dokter Anda bukan spesialis HIV/AIDS, ia harus merujuk Anda pada seorang spesialis supaya Anda bisa memulai perawatan.

Jalani tes untuk mengetahui rencana perawatan terbaik. Dokter tidak hanya akan memberikan sekantong obat dan menyuruh Anda pulang. Ia akan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui apa yang persisnya dibutuhkan tubuh Anda sebelum Anda mendapatkan perawatan yang tepat. 
Tes tersebut meliputi:

Jumlah CD4. 
Sel-sel ini adalah tipe sel darah putih yang hancur karena HIV. Jumlah CD4 orang sehat bervariasi dari 500 sampai lebih dari 1.000. Jika jumlah sel CD4 Anda kurang dari 200, maka HIV Anda telah berkembang menjadi AIDS.

Banyaknya virus. 
Secara umum, semakin banyak virus dalam darah, semakin buruk kondisi Anda.
Kekebalan Anda terhadap obat. Ada beberapa jenis HIV yang berbeda-beda, dan penting untuk mengetahui apakah HIV Anda akan kebal terhadap beberapa obat antiHIV. Tes ini membantu menemukan obat yang bekerja paling baik untuk Anda.

Mengetes komplikasi atau infeksi. Mungkin dokter juga mengharuskan Anda menjalani tes untuk kondisi lain supaya Anda tahu apakah Anda juga memiliki penyakit menular seksual lain, hepatitis, kerusakan lever atau ginjal, atau kondisi lainnya yang akan menjadikan perawatan lebih kompleks.

Berikut Tips Menangani HIV/AIDS:

Anda harus mulai mengikuti perintah dokter dan meminum obat jika gejala-gejala Anda sangat parah, jumlah CD4 di bawah 500, hamil, atau mempunyai penyakit ginjal. Meskipun Anda tidak bisa menyembuhkan HIV atau AIDS, namun menggunakan kombinasi obat-obatan dapat membantu menghalangi virus; kombinasi memastikan bahwa Anda tidak kebal terhadap semua obat yang diberikan. Kemungkinan Anda harus meminum beberapa pil pada waktu berbeda dalam satu hari seumur hidup, setelah menemukan kombinasi terbaik bagi Anda.

Jangan berhenti minum obat dengan kehendak sendiri dalam kondisi apa pun. Jika Anda memiliki reaksi yang sangat buruk terhadap obat, segera bicarakan hal tersebut dengan dokter dan lihat apa perawatan yang harus Anda ambil. Jika Anda menghentikan perawatan sendiri, konsekuensinya bisa drastis (jauh lebih buruk dari yang mungkin Anda rasakan).

Obat Anda mungkin mencakup penghambat transkriptase (transcriptase inhibitoratau NNRTI) yang menghalangi kemampuan protein yang digunakan HIV untuk menggandakan diri, penghambat transkriptase balik (reverse transcriptase inhibitoratau NRTI) yang merupakan versi cacat dari penghalang yang digunakan HIV untuk mereplikasi diri, penghambat protease (protease inhibitor atau PI) yang merupakan protein lain yang digunakan HIV untuk replikasi, penghambat masuk atau fusi (entry or fusion inhibitor) yang menghalangi HIV masuk ke sel CD4, dan penghambat integrase (integrase inhibitor) yang merupakan protein yang digunakan HIV untuk memasukkan material genetik ke dalam sel CD4 Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending