Kamis, 09 Maret 2017

4 Penyebab Munculnya Kanker



Penyakit ini saat ini semakin meningkat, dan jumlah penderitanya juga semakin bertambah. sementara peneliti terus melakukan penelitian terkait dengan perawatan dan pengobatan kanker, hal lain yang perlu diwaspadai adalah penyebabnya.

Berikut adalah 4 hal menjadi penyebab paling umum dari kanker.

Merokok
Perokok kronis seringkali berdalih bahwa siapa saja bisa terkena kanker paru-paru, bahkan mereka yang tidak pernah merokok sekalipun. Namun statistik menunjukkan dengan jelas bahwa satu dari empat kasus kematian kanker disebabkan oleh kebiasaan merokok. Merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, dan laring. Tak hanya itu, banyak juga kasus kematian akibat kanker yang diderita oleh perokok pasif.

Karsinogen
Kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu kebiasaan yang membuat zat karsinogen masuk ke tubuh kita. Namun ada hal lain juga. Zat karsinogen bisa berupa zat kimia beracun seperti dioxin, benzene, asbestos, vinyl chloride, dan lainnya. Beberapa virus seperti HPV juga bisa menjadi salah satu karsinogen alami yang menyebabkan kanker, yaitu kanker serviks.

Paparan matahari
Radiasi matahari adalah salah satu penyebab kanker kulit. Banyak orang yang tak melindungi kulit mereka dari sinar matahari terkena kanker kulit.

Usia
Usia juga menjadi salah satu penyebab kanker yang paling umum. Semakin tua seseorang, semakin tinggi juga risikonya terkena kanker. Bahkan faktanya, 75 persen kasus kanker baru terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun. Salah satu teori menyebut bahwa semakin tua, pertahanan tubuh terhadap sel kanker semakin menurun.

Karena itu, menjaga kesehatan dengan melakukan gaya hidup yang baik penting untuk mencegah kanker, daripada harus mengobati.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending