Kamis, 09 Maret 2017

Apa Sih Penyakit Stroke Itu ???


Stroke menjadi salah satu penyakit paling mematikan.Penyakit stroke termasuk dalam kategori penyakit kardiovaskular. Stroke adalah situasi terhentinya aliran darah atau oksigen ke bagian otak manusia.

Kekurangan oksigen akibat macetnya aliran darah ke dalam otak menyebabkan bagian otak tertentu tidak dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya

Penyakit stroke pada umumnya terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu Iskemik (Ischemic Stroke) dan Hemoragik. Kedua jenis stroke ini dibedakan berdasarkan sebab dan pola kerusakan yang menjadi penyebabnya.

Stroke Iskemik
Stroke jenis ini terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh yang menjadi saluran utama masuknya darah ke otak yang juga turut membawa oksigen.Jenis stroke ini merupakan stroke yan paling umum terjadi. Penumpukan lemak yang membentuk plak pada pembuluh darah menjadi penyebab utamanya.Kolesterol menjadi salah satu zat yang dapat mengendap dan menumpuk pada saluran arteri darah. Penumpukan yang berkelanjutan menyebabkan terhentinya pasokan darah ke dalam otak.

Stroke Hemoragik
Stroke hemoragik terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak.Pecahnya pembuluh mengakibatkan dua kemungkinan, yaitu terhentinya suplai darah ke otak, atau otak yang dibanjiri oleh darah yang mengakibatkan kerusakan jaringan dan fungsi otak.

Meski berbeda, keduanya tetap merupakan penyakit yang mematikan dan dapat menimbulkan kerusakan jaringan otak secara permanen.

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor penyebab terbesar terjadinya stroke. Selain itu darah tinggi juga dapat berimplikasi pada kesehatan jantung dan ginjal.Itu Lah Bahayanya Penyakit Stroke,Jadi Kita Harus Lebih Berhati Hati menjaga Pola Makan Kita, Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending