Kamis, 09 Maret 2017

Memahami Tekanan Darah Manusia


Tekanan darah adalah istilah yang mengacu kepada tekanan yang diberikan oleh cairan darah kepada dinding pembuluh darah.

Ketika sedang mengalir didalamnya, atau dengan kata lain tekanan yang dirasakan oleh dinding pembuluh darah akibat dari darah yang mengalir didalamnya.Besarnya tekanan ini bervariasi seiring dengan mengecilnya ukuran pembuluh darah.

Tekanan paling besar dialami oleh pembuluh arteri dan yang paling kecil dialami oleh pembuluh halus (vein).Nilai tekanan darah yang diukur dalam dunia kedokteran adalah tekanan yang dialami oleh pembuluh arteri.

Tekanan darah terbagi menjadi dua jenis, yaitu tekanan sistolik dan diastolik.

Tekanan sistolik

Tekanan sistolik adalah tekanan yang dihasilkan pada saat jantung mulai berdenyut dan berkontraksi memompa darah keluar dari jantung.

Tekanan diastolik
Sedangkan tekanan diastolik adalah tekanan yang dihasilkan pada saat jantung berelaksasi setelah berdenyut. Keduanya memiliki nilai yang selalu berubah-ubah setiap kali jantung berdenyut.

Dalam keadaan sehat, tekanan sistol dan diastol seseorang adalah 120/80. Artinya tekanan sistol=120 mmHg, sedangkan tekanan diastol 80 mmHg.

Nilai tekanan darah yang sehat untuk orang dewasa yang berusia 18 tahun keatas adalah bertekanan sistolik kurang dari 121mmHg.

Bila nilai sistoliknya berkisar antara 121 – 139 mmHg, maka orang tersebut mengalami Prehypertansion, dimana tekanan darahnya lebih tinggi dari tekanan darah yang dianjurkan.

Jenis kelamin, usia, pekerjaan, asupan nutrisi/makanan, gaya hidup tiap ManusiaLah Memperngaruhi Perbedaan Tekanan Darahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending