Kamis, 09 Maret 2017

Mengenal Stetoskop , Alat Bantu Medis



Stetoskop (bahasa Yunani: stethos, dada dan skopeein, memeriksa) adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh.

Stetoskop banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, meskipun juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan “vein”.
Stetoskop digunakan sebagai alat untuk mendiagnosa penyakit tertentu.Stetoskop dapat menyalurkan suara tertentu dan menghilangkan suara yang lain.

Sebelum stetoskop ditemukan, doktor meletakkan telinganya ke dekat badan pasien dengan harapan untuk mendengarkan sesuatu.Stetoskop seringkali dianggap sebagai simbol pekerjaan dokter, karena dokter sering dilihat atau digambarkan dengan sebuah stetoskop yang tergantung di sekitar lehernya.

Stetoskop juga digunakan oleh mekanik untuk mengisolasi suara tertentu dari mesin untuk diagnosa.Stetoskop terbaik memiliki tabung untuk setiap potongan telinga daripada tabung tunggal.Selain itu, tabung terbaik adalah tebal, pendek, dan relatif kaku, dengan sedikit membosankan.

Menggunakan Stetoskop digunakan pada tempat yang tenang relatif untuk memastikan bahwa suara tubuh tidak dikuasai oleh kebisingan latar belakang.

Gunakan stetoskop pada kulit telanjang untuk menghindari mengangkat suara gemerisik kain dan basah kulit dengan air hangat untuk menghindari polusi suara dari rambut-rambut kecil di kulit.

Stetoskop memiliki banyak fungsi di bidang kesehatan dan merupakan alat yang sangat berguna untuk:
  •  Memeriksa Tekanan Darah

  •  Memeriksa Paru-paru

  •  Memeriksa Jantung

  •  Pemeriksaan prenatal

  •  Gangguan Perut
Stetoskop adalah bahwa hal itu memungkinkan para profesional medis untuk mendengarkan suara yang dihasilkan oleh jantung, paru-paru dan usus.Setiap fungsi yang abnormal dalam sistem ini dalam tubuh dapat segera terlihat dengan penggunaan yang tepat dari stetoskop.

Beberapa stetoskop sangat sensitif dan bahkan bisa bekerja melalui pakaian.Stetoskop memperbesar suara, suara yang disengaja yang terlalu keras berpotensi dapat merusak telinga pendengar.

Stetoskop juga harus selalu dibersihkan karena dapat menyebarkan kuman dan virus.Karena Stetoskop biasanya digunakan pada kulit yang telanjang dan kadang-kadang pada pasien yang sangat sakit, jadi pembersihan yang tepat itu sangat penting.

0 komentar:

Posting Komentar

► Most Trending